Jumat, 22 Maret 2013

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sang Anak


MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANAK



Kemampuan anak untuk menyelesaikan suatu masalah dan berpikir secara logika berdasarkan pada dua konsep yaitu memori dan pemikiran. Memori merupakan kemampuan untuk menyimpan dan menarik kembali informasi. Kemampuan ini akan berkembang saat bayi berusia enam bulan.

      Saat memori bayi mulai tumbuh dan berkembang, ia mulai menghadapi situasi yang memerlukan pemikiran dengan menggunakan logika. Ia mulai belajar mencari alasan, menyelesaikan masalah dan mulai mengelompokkan sesuatu agar berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Dan berikut beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir atau logika anak Anda :
  • Saat usia anak Anda menginjak dua tahun, ia mulai menyimpan memori dan kemampuannya dalam berpikir untuk mengingat dan mengikuti arahan. Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dengan memberikannya arahan yang mudah untuk ia ikuti. Misalnya, mintalah anak Anda untuk mengambil mainan tertentu dan menyimpannya di rak atau memintanya untuk duduk dan melihat buku. Belajar untuk mengingat dan mengikuti arahan merupakan kemampuan anak yang dapat digunakan sepanjang hidupnya.
  • Anda dapat mulai bekerjasama dengan dokter anak Anda, saat sang anak berusia tiga tahun. Tanyakan pada anak Anda Apa yang menurutmu akan terjadi ? dengan frekuensi yang sering. Misalnya, menanyakan pada anak Anda Apa yang akan terjadi jika kamu menaruh sabun mandi di keran air yang menyala ?
  • Anda juga dapat mengajarkan mengurutkan sesuatu, caranya dengan menanyakan Apa selanjutnya ? Misalnya, Setelah selesai mandi, menggosok gigi dan memakai piyama, lalu apa selanjutnya ? (membacakan dongeng sebelum tidur).
  • Untuk anak berusia empat tahun, ia mulai mengingat kembali kejadian-kejadian yang pernah ia alami. Anak-anak mulai mengingat tempat yang pernah ia kunjungi dan orang-orang yang pernah ia lihat. Salah satu cara untuk membantunya mengatur ingatan ini ialah melalui buku ingatan yang berisikan koleksi foto dan benda lainnya.
  • Ajaklah anak Anda untuk mendiskusikan semua isi buku atau foto dan membantu Anda mengatur isi buku atau foto. Tunggulah beberapa hari, lalu ajaklah anak Anda untuk melihat kembali dan menanyakan isi atau apa yang terjadi dalam buku atau foto tersebut.
  • Kegiatan lainnya untuk melatih kemampuan logika anak Anda ialah dengan mengidentifikasi sesuatu yang berbeda. Caranya dengan meletakkan beberapa barang di atas meja, biarkan sang anak melihat benda-benda tersebut kemudian tutuplah mata anak Anda. Pindahkan benda ke posisi yang berbeda dan mintalah anak Anda untuk membuka matanya dan mencari tahu apa yang berbeda dari sebelumnya.
 Sumber : http://melindahospital.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar